Posts Tagged HIMAFI

Desember…(part#2)

Ok gan, kita lanjut lagi dari cerita sebelumnya. Di saat saya menyesali akademik tahun kedua yang hancur berantakan, ada kabar baik dari angkatan 2007 yaitu pernikahan Dana FI’07 dengan Adis KI’07. Resepsi mereka diadakan di Jakarta, sehingga saya bisa ‘menumpang’ pulang ke Depok bersama barudak HIMAFI yang berangkat ke resepsi dengan bus carteran ( lumayan pulang gratis…. )
Satu hal yang paling berkesan saat acara resepsi tersebut adalah ketika saya menyalami Dana, beliau berkata pada teman2nya termasuk saya ” Cepat nyusul ya…. “. Mendengar perkataan tersebut saya terpikir ” Iya sih, bener juga. Tapi ntar nyusulnya sama siapa ?:D”. Kelar resepsi saya langsung keluar gedung dan mencegat Miniarta P16 untuk menuju Pasar Minggu demi pulang ke Depok.

Baru semalam di Bandung sekembalinya dari Depok, saya dan teman2 dari prodi Fisika mengadakan acara kunjungan industri plus jalan2 bareng ke pantai Santolo di Garut selatan.

Akhirnya wisudaan Juli datang juga! Saya bertugas sebagai satgas saat perhelatan ini. Saat itu saya berfikir akan melakukan tugas yang sama seperti pada wisudaan Oktober 2009 lalu. Kenyataannya pada hari – H posisi saya sebagai perwakilan himpunan sudah tergantikan oleh divisi keamanan OSKM 2010, ya sudah anggap saja ini rejeki ikut arak2an kedua kalinya. Namun saya menilai wisudaan saat itu benar2 wisudaan ‘terpahit’ buat angkatan 2008 yang jadi panitia ( menurut versi saya ). Bagaimana tidak, ketua wisudaan menderita sakit sejak H-3 sehingga ngga bisa datang pas hari-H. Ditambah lagi insiden di hari – H yang cukup menyulut emosi ketika wisudawan mengetahui jumlah massa yang mengarak sedikit dari yang mereka harapkan. Finally, the show still go on !

Sampailah kita pada tanggal bersejarah buat HIMAFI 2008 : 8 Agustus ! Ya, 8 Agustus 2010 merupakan setahun kebersamaan angkatan saya. Uniknya lagi ini adalah tanggal pelantikan HIMAFI 2009 dan ulang tahun ketua angkatan saya yang 20 ! Baiklah, 2 foto di bawah ini sudah memperlihatkan kelabilan anak2 FI ’09 pada tanggal tersebut

Akhirnya masa kuliah semester 1 2010/2011 tiba dan saya arungi dengan 20 SKS plus harapan untuk mengubur ‘dosa’ 2 semester berikutnya. Sayangnya permulaan kuliah semester tersebut harus diwarnai dengan sebuah ‘insiden’ kecil yang mengakibatkan saya memutuskan untuk PRS menjadi 19 SKS.

, ,

2 Komentar

Desember… (part #1)

Terhitung sejak pertama kali saya membuat blog ini udah ada 57 posts dan hampir setiap bulannya minimal ada 1 postingan baru. Namun bagaimana sejak bulan Agustus silam….? VAKUM!!! Itulah yang bisa saya katakan terhadap keadaan blog ini sejak saat itu. Begitu beraninya saya menganaktirikan blog yang sudah susah2 saya bikin!!Ngga tahu kenapa begitu teganya saya membuat blog saya sepi seperti sebelumnya. Apa nafsu saya untuk nge-blog udah turun? Apa mungkin saya menemukan hal lain yang lebih menggiurkan daripada sekedar corat-coret di sini ? Mungkin iya, sepertinya ada hal yang membuat saya terlena dan mencampakkan media corat-coret ini begitu saja. Bisa jadi akibat kesibukan kuliah demi memperbaiki nilai di semester 5 ini , mungkin juga karena saking asyiknya dengan keadaan himpunan yang makin ramai dengan kehadiran anggota 2009nya, atau ada hal lain?

Ya, itulah sedikit prolog untuk mengawali coretan saya di bulan ke-12 di tahun 2010 ini. Ngga terasa waktu udah berjalan begitu cepatnya. Sepertinya baru kemarin sore saya mendengarkan lagu “Buka Semangat Baru” sembari menghabiskan 2 minggu liburan di Depok. Belum lagi beberapa kali jalan2 bersama keluarga ,  mendengarkan radio kesayangan saya via radio mobil selama perjalanan dan memuaskan diri berselancar di dunia maya (tentunya juga sambil memuaskan untuk corat-coret di sini).

Rasanya udah begitu banyak yang saya lalui di tahun ini, diawali dengan pertama kalinya saya melihat unit saya (baca : ISO a.k.a ITB Students Orchestra) yang tampil di Jakarta dengan bintang tamu Addie MS dan Aning Katamsi. Berikutnya adalah usia saya yang kemudian  beranjak kepala dua pada akhir Januari 2010 silam. Bahagianya pada hari itu karena saya bebas dari ancaman diceburkan ke sebuah kolam yang terletak tepat di jantung kampus ITB. Namun dibalik semua itu tersimpan suatu kekhawatiran dalam diri dimana saya rasanya belum pantas untuk menginjak usia 20 tahun setelah mencoba melihat diri saya selama ini.

ITB Fair!! Sebuah perhelatan akbar yang digelar di kampus ITB selama dua hari di awal bulan Februari….. Saya tentunya ngga mau melewatkan yang satu ini apalagi HIMAFI membuka stand yang bertajuk  ” Air Bender“. Oke, kesempatan untuk sekedar nampang dengan jahim kebanggaan di stand HIMAFI maupun di area lainnya yang kadang saya lakukan sendirian maupun bersama teman-teman lainnya. Dan akhirnya perhelatan tersebut diakhiri dengan penampilan live dari Cokelat. Apa selanjutnya? LKO HIMAFI part kedua di Lembang! Ya, dalam LKO  ini sempat diwarnai sebuah insiden yang sudah saya post di sini.

Lalu selanjutnya apa? Kopi sore FMIPA 2009 tentunya ! Ya, saya sangat antusias utuk ikut serta dalam acara ini karena saya bisa melihat secara dekat wajah2 baru adik angkatan saya sefakultas. Dan akhirnya saya pun ngga mau sedikitpun melewatkan yang satu ini karena ini adalah sebuah pre-event dari FUSION 2010 a.k.a kadwil untuk FMIPA 2009. Satu hal yang paling berkesan: MAKRAB FMIPA 2009 ! Acara ini ber-TKP di tunnel Sunken-Saraga pada Selasa malam setelah wisudaan April 2010 silam.

PSK Band From HIMAFI : Jemi (Vocal), Yudhis (Guitar 1), Guntur (Guitar 2), Ali (Keyboard), Sandro ( 4 strings bass )

Saya salut buat HIMAFI yang memboyong PSK (Pemuda Salah Kamar) Band yang beraliran dangdut ke acara tersebut. Benar2 beda dengan pengisi acara lainnya, mendadak tunnel jadi kaya acara dangdutan aja…:D

weeeeeew....ternyata featuring Anggi FI'07 sebagai additional vocalnya....:D

Hehee….maaf buat anak FMIPA 2009 yang merasa fotonya sudah saya comot untuk postingan ini ^_^’ .

Maka dari itu, kita berlanjut ke hari-H FUSION dimana saya bertindak sebagai panitia tata tertib kelompok a.k.a taplok. Jujur saja, saya memilih menjadi taplok selain karena ingin dekat dengan adik2 2009nya juga sebagai kompensasi atas penyesalan saya yang sudah melewatkan kesempatan untuk menjadi taplok PROKM 2009.  Parah pisanlah, saya harus meng-follow up materi mengenai comdev dan menyuruh anak2 kelompok saya untuk membuat rancangan comdev sederhana sementara pemahaman saya akan comdev yang dipresentasikan oleh bung Djarot FI’07 saat TFT masih mengawang ! 😦 Belum lagi pasangan taplok saya Meita MA’08 ngacir di tengah acara dengan alasan ada acara di himpunannya dan akhirnya saya harus meng-handle sendiri anak2 ’09 lainnya……@#@#%$%^%$@! . Untung saja di saat genting  tersebut (halah!) Arif Pandu yang kini menjadi ketua angkatan FI’09 mengemukakan idenya mengenai rancangan comdev sederhana tersebut.

Selang seminggu setelah FUSION hari pertama, feel lapangan sebagai taplok mulai berasa. Mulai saya ditegur korlap akibat telat 5 menit dan menghimpun kembali anak2 ’09nya. Full mobilisasi! Ini yang bikin kaki pegel dan lagi2 saya harus menggiring kelompok saya seorang diri karena pasangan taplok saya agak bermasalah dengan kesehatannya. Karena hari ini adalah pengenalan himpunan di FMIPA, maka saya bisa sedikit beristirahat saat berada di pos himpunan. Lalu apa selanjutnya? Mobilisasi ke teropong bintang Bosscha! Tiga buah tronton dan 1 bus non AC belum cukup untuk memobilisasi panitia dan peserta, sehingga panitia harus mencarter angkot tambahan ke sana. Akhirnya saya dapat tempat juga walaupun harus tertidur selama perjalanan……. Sesampainya di sana, masih harus melewati ‘lajur pendakian’  kurang lebih 2 km menuju TKP. Lagi2 yang satu ini rasanya ngga lengkap kalo ngga disertai dengan insiden kambuhnya penyakit asma salah seorang pesertanya. Okelah, intinya saya saat itu cuma ngebanyakin omongan sama 2009nya dan berusaha menjawab kalau mereka tanya tentang sesuatu yang seharusnya saya jawab ( yang terakhir ini bagian dari SOP coy!! ). Akhir acara pun tiba dan saya pun harus berpisah dengan adik2 2009 lainnya saat tiba di kampus karena mereka pulang ke rumah masing2 secara sporadis ( yang jelas ngga pake pamit dulu sama saya ^_^’ ). Dalam keadaan capek, saya harus ikut evaluasi di amphitheater GKU Barat dan sambil mendengar pengalaman mendebarkan dari Adi FI’08 ( sekarang mantan danlap PPAM HIMAFI 2010) yang bertindak sebagai panitia keamanan.

Kelar acara tersebut saya langsung tepar kurang lebih setengah hari di hari berikutnya dan sisanya dimanfaatkan untuk ngelapuk di depan laptop. Maksud hati ingin melanjutkan laporan dan pengolahan data RBL Sistem Instrumentasi, namun rasa malas dan lelah yang tersisa sudah mengalahkan tekad saya untuk segera menyelesaikannya. Saya lihat inbox di FB saya dan ada message dari group ITB Fair 2010 yang menyatakan bahwa PSB ITB 2010 sedang butuh SDM untuk panitia di beberapa divisi. Lantas saya ngga ingin melewatkan kesempatan ini dan segera mengirim SMS ke contact person untuk mendaftar sebagai panitia di divisi logistik a.k.a angkut2 barang. H-1 PSB saya menginap di himpunan dan lagi2 saya begadang yang tidak produktif, niat begadang lanjutin laporan RBL malah main2 ngga jelas ( udah lama buka laptop tapi progress laporan sangat kecil, ngga tau kenapa apakah bete atau stuck ). Alhasil saya baru tidur menjelang subuh dan bangun jam 9 pagi. Tanpa basa basi langsung saya menuju ke stand kuliner untuk sarapan. Pengennya mandi di kampus, tapi udah keburu dipanggil Yovan PL’08 selaku kadiv saya untuk loading barang di atas panggung, akhirnya sampai acara selesai saya belum mandi sama sekali. Saya akui menjadi anak logistik memang makan hati karena harus mondar-mandir angkut barang yang kadang2 beratnya nyiksa sehingga ngga bisa menikmati acara dengan baik.

Perhelatan PSB 2010 usai dan saya harus berhadapan dengan ujian2 plus laporan RBL yang nggak kelar2 bersama presentasi yang menghantuinya. Menariknya pada masa2 sulit ini ada beberapa kejadian yang cukup unik. Pertama, untuk pertama kalinya merasakan banjir di daerah pinggiran kota Bandung sebelah selatan, tepatnya di Jalan Margacinta. Mau tak mau daripada naik angkot yang mogok terus gara2 banjir selutut, terpaksa jalan kaki dari Ciwastra ke Buah Batu. Kedua, ketika ketua angkatan saya Lutfi FI’08 mengikuti seleksi danlap OSKM 2010. Berbagai tugas dan pertemuan dadakan harus dia kerjakan dan lalui, hingga pada suatu malam saya menjadi terlibat dalam sebuah misi khusus di SD Banjarsari. Ketiga adalah jalan2 angkatan 2008 ke Situ Patenggang dan menginap di rumah neneknya Lutfi di Ciwidey.

Selanjutnya apa teman? PPAM HIMAFI 2010 ! Saya ngga akan ceritakan di sini, tetapi pada edisi selanjutnya. Yap, intinya saya menjadi panitia lapangan divisi keamanan. Pada masa tersebut perhelatan Piala Dunia 2010 digelar di Afrika Selatan dan kembalilah saya teringat pada euforia masyarakat yang sama dengan 4 tahun yang lalu.

To be Continued : Desember…(part#2)

Weitsssssss….., ntar dulu ada yang kurang nih sebelum bersambung

Inilah wisuda April 2010 dengan 2 orang wisudawan dan merupakan momen pertama kalinya saya ikut arak2an wisuda di ITB 😀

, ,

1 Komentar

Memori lembang

Lembang, 20 Februari 2010 di sebuah villa tepatnya sekitar pukul 10 malam…,

Ada kurang lebih 100 mahasiswa fisika ITB dari berbagai angkatan yang tergabung dalam satu himpunan berkumpul dalam ruang tengah villa tersebut. aku ada di antara mereka sebagai angkatan termuda. Saat itu perut kami sudah kenyang karena sebelumnya sudah makan malam yang cukup gila2an. Oke, kami duduk di ruang tengah itu dan di depan kami ada 4 orang pria, mereka tidak lain adalah angkatan 2003 yang telah lulus dan merupakan sesepuh di himpunan kami. Hanya 2 orang yang aku kenal yaitu Kang Izul (Zulkaida Akbar) karena beliau adalah mantan presiden KM ITB 2007-2008 dan satu lagi adalah Kang Zamzam.

Dalam suasana yang cukup santai tersebut, mereka secara bergantian berbagi cerita kepada kami mengenai pengalaman mereka selama berkarier di kemahasiswaan ITB. Cukup menarik karena mereka boleh dibilang bergerak mulai dari bawah, seperti contohnya menjadi bagian pembuat dan penempel poster di areal kampus. Akhirnya karir mereka naik secara bertahap menuju posisi yang cukup strategis di kemahasiswaan ITB. Apa yang mereka ceritakan sejujurnya ada sebagian yang membuat aku tersadar akan apa kekuranganku selama 7 bulan berkarier di himpunanku.

Malam semakin larut dan akhirnya klimaksnya terjadi saat Kang Zamzam memulai pembicaraanya. Setelah memperkenalkan diri, beliau meminta kepada semua massa di hadapannya untuk berdiri dan kami bangkit dari duduk.

Kang Zamzam : “Nyanyikan lagu Hidup HIMAFI !!!!”

Kamipun menyanyikan lagu kebanggaan kami sambil bertepuk tangan…

Seluruh massa :

” Di dalam keremangan di bawah terik matahari…/ Letih dan lelah yang kurasakan tak membuat hatiku gentar… / S’gala rintangan akan ku hadapi, s’mangat jiwa HIMAFI…/ Hanya ada satu cita di dalam hati HIMAFI kita HIMAFI… / Hidup HIMAFI, hidup HIMAFI, HIMAFI wahana kami…. /Hidup HIMAFI, hidup HIMAFI, HIMAFI wahana kami………”

Kang Zamzam : ” SEMUA DIAMMM……!!!!!”

Baru saja kami mau berhenti mengatupkan tangan, beliau memberi komando tersebut. Suasana mendadak jadi hening.

Kang Zamzam : (sambil menunjuk salah seorang di antara kami ) ” Apakah kamu cinta Indonesia ? ”

Seorang pria 1 : ” Ya!”

Kang Zamzam : (menunjuk seseorang lagi ) ” Kamu cinta ?”

Seorang pria 2 : (dengan tegasnya menjawab) ” Ya, saya cinta Indonesia!”

Suasana saat itu mendadak sedikit menegang, persis saat kita dulu menjalani kaderisasi demi mendapatkan jaket biru kebanggaan kami. Rasanya saat itu benar-benar tidak ada pembeda antara satu angkatan dan angkatan lainnya, entah itu swasta ataupun angkatan baru. Semua seolah bernasib sama, yaitu seperti sedang menjalani kaderisasi untuk ke sekian kalinya.

Setelah beberapa orang beliau beri pertanyaan yang sama, akhirnya beliau menunjuk salah seorang wanita berjilbab yang tak lain adalah angkatanku (2008 tentunya).

Kang Zamzam : (sambil menunjuk ke orang yang dimaksud) ” Kalau kamu cinta Indonesia?”

Seorang wanita : “Ya, saya cinta Indonesia…”

Kang Zamzam : ” Kamu cinta…?”

Seorang wanita : ” Yang saya cinta…”

Kang Zamzam : ” Kamu cinta saya atau tidak……?”

!@!@$#&%^(?><+=)(^())!@!!”:{}{~@!&……………………………………

Mendadak seluruh ruangan begitu riuh dengan tawa dari semua massa yang ada. Suasana yang sebelumnya agak menegangkan, akhirnya cairlah ketegangan itu. Kang Zamzam bilang kalau sandiwara tadi merupakan cara beliau untuk membangkitkan semangat kita lagi untuk mengikuti acara malam itu. Mungkin saja beliau melihat kami sudah loyo bahkan ngantuk apalagi udara di sekitar dingin sekali.

Akhirnya acara berlanjut hingga selesai sesi tersebut. Setelah itu, sebagai penutupan Irfan ketua angkatan 2006 memberikan sedikit wejangan untuk angkatan di bawahnya. Aku begitu tak menyangka bahwa Irfan yang selama ini demen banget ‘geloin’ saya karena say sering ngga ngumpulin laporan praktikum elka semester lalu, ternyata adalah orang penting di angkatan 2006 (walaupun setahu saya dia tidak memegang BP HIMAFI setahun sebelumnya ). Dari wejangan yang dia sampaikan, saya hanya menangkap satu hal : Barangkali inilah sebuah salam perpisahan dari angkatan 2006 yang tak lama lagi lulus satu per satu.

Ya, penggalan cerita di atas merupakan penggalan pengalaman saya saat mengikuti LKO HIMAFI di Lembang tanggal 20 Februari 2010 silam…

Upssss…., lupa.  Ini adalah sebagian dari hasil foto2 rekan seangkatan saya saat di villa tersebut. Maaf, saya ngga ada di foto ini 😀

,

1 Komentar