Sekilas Ciu Bekonang….

Udah kurang lebih sebulan blog ini dengan teganya saya anggurin dan kini saya terdorong untuk menulis lagi akibat kebosanan melihat blog yang isinya itu2 saja. Kebetulan sejak beberapa bulan yang lalu (kurang ingat pastinya jadi saya tulis begini ) saya mendengarkan lagu dari grup hip-hop asal Solo yang bernama Rendy Jerk dan judul lagunya Ngombe Ciu. Lantas saya penasaran  ciu itu apaan dan saya menduga  itu pasti adalah sejenis minuman keras. Ternyata dugaan saya benar!

Ciu sebenarnya adalah julukan bagi sebangsa minuman dengan kadar alkohol 30% yang berasal dari desa Bekonang, Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah     (deket Kota Solo) dan dibuat dari hasil fermentasi limbah cair dari proses pembuatan gula alias tetes tebu, oleh karena itu minuman tersebut terkenal dengan nama Ciu Bekonang. Di daerah Bekonang, terdapat warung2 yang menjajakan ciu dan uniknya namanya pun beraneka ragam bergantung campurannya, mereka adalah cikola (ciu + coca cola), ciut ( ciu + nutrisari ), cias (ciu + wedang asam ), ciu tiga dimensi ( ciu + bir + kratingdaeng ), ciu empat dimensi (ciu + bir + Kratingdaeng + Sprite), dan terakhir yang konon katanya berkhasiat yaitu kidungan ( ciu + air rendaman tanduk kijang ).

Di desa Bekonang, ciu sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda,  produksinya dilakukan secara sembunyi-sembunyi dan kadar alkoholnya masih rendah. Pada zaman pemerintahan raja2 dari keraton Yogyakarta dan Surakarta, ciu selalu dihidangkan saat pesta panen raya maupun penyambutan tamu kerajaan dan dinikmati sampai mabuk oleh para punggawa kerajaan beserta rakyat sekitar kerajaan. Sekitar dekade 80-an, dikarenakan adanya kucuran sebesar 2 juta rupiah dari Dinas Perindustrian Pemda Tingkat II Sukoharjo,kadar alkohol ciu ditingkatkan menjadi 60 %. Pada tahun 1997, lahirlah MoU antara industri Ciu Bekonang dengan PT. Indo Acidatama Chemical Industri, sebuah industri alkohol di Karanganyar. Akhirnya pada bulan Februari tahun 2000 silam, dengan adanya peralatan modern kadar alkohol Ciu Bekonang dapat ditingkatkan dengan kisaran 70 – 90 persen.

SUMBER

  1. #1 by boboho on September 28, 2010 - 1:20 am

    Ciu Lancar Sentul Aman

  2. #2 by buneyasmin on Oktober 15, 2010 - 8:24 am

    naudzubillahi, jangan sampai minum ciu, karena minuman keras itu haram, udah gitu bikin badan rusak dan juga menjadi sumber kerusakan.

    • #3 by Kampret on Desember 9, 2010 - 2:29 am

      sok tahu lo….lo minum langsung nggliyeng

    • #4 by gaple on Mei 17, 2011 - 1:29 pm

      ciu memang jos

  3. #5 by Joko cah padasan etan on Mei 13, 2011 - 9:53 am

    Minumlah sampai ususmu mbrodol…peace man…

    • #6 by pandak on April 21, 2012 - 4:12 pm

      q ngombe saben dno yo gak mbrodol usus q

  4. #7 by chempe on April 10, 2012 - 1:03 pm

    satu lagi ciu abc… ciu + syrup ABC
    wk wk…
    ga jauh beda sma martini

  5. #8 by rot on Desember 25, 2012 - 1:40 pm

    yang lalu nerakaku, hari ini … besok …. kuharap surgaku.

  6. #9 by cupha on Mei 29, 2013 - 3:56 am

    ijin ambil artikel buat tugas ya🙂

    • #10 by Indra Pratama on Mei 31, 2013 - 2:56 pm

      Ok, tapi jangan lupa sertakan link-nya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: