Kecubung Raksasa Penelan Air

Memang judul postingan ini kelihatan begitu aneh bin ajaib, tapi ngga ada salahnya kalau kita membahas tentang bunga yang satu ini dulu. Bunga yang termasuk ke dalam famili Convolvulaceae ini mekar pada pagi hari dan mengatupkan kelopaknya pada sore hari. Habitatnya adalah  di daerah hangat, khususnya di daerah tropis Amerika dan Asia.  Di Indonesia, bunga ini terkenal dengan nama bunga kecubung atau bunga terompet dan memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit (umumnya kecubung gunung ). Lalu, bagaimana dengan air yang ditelannya? Lihat gambar di bawah ini!

Kelihatannya mirip nggak dengan gambar di atas?:D  Gambar di atas merupakan bangunan pelimpas air (spillway) di Monticello Dam, California, Amerika Serikat. Pelimpas tersebut fungsinya adalah untuk melimpahkan air  waduk ke sungai yang dibendungnya saat ketinggian air mencapai ketinggian maksimum. Fungsinya hampir sama dengan lubang pada di dekat bibir washtafel, saat washtafel terisi penuh airnya langsung mengalir menuju lubang tersebut dan langsung ke pembuangan agar air tidak meluap.

Lalu apa hubungannya dengan bunga kecubung a.k.a morning glory? Hal ini disebabkan karena keimiripan antara bentuk bunga kecubung dengan tampilan luar spillway tersebut saat beroperasi. Air yang terhisap ke lubang tersebut dapat diibaratkan sebagai kelopak bunganya. Oleh karena itu, spillway jenis ini dinamakan spillway tipe morning glory, bell-mouth, plughole, atau  gloryhole.

Lalu bagaimana dengan cara kerjanya? Lihat prosesnya :

Saat air waduk melebihi ambang batas

Ketinggian air sudah turun sedikit demi sedikit


Saat ketinggian air masih di bawah batas normal


Saat waduk dikuras

Nah…., air dari spillway dibuang ke sini

Indonesia juga memiliki spillway tipe ini di Bendungan Jatiluhur (Jawa Barat) dan Bendungan Riam Kanan (Kalimantan Selatan)

Morning glory hole Bendungan Jatiluhur

Morning glory hole di Bendungan Riam Kanan

Sumber:
http://jatiluhurdam.wordpress.com/
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2446256
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2089477
http://riamkanan.com/

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: