Memori lembang

Lembang, 20 Februari 2010 di sebuah villa tepatnya sekitar pukul 10 malam…,

Ada kurang lebih 100 mahasiswa fisika ITB dari berbagai angkatan yang tergabung dalam satu himpunan berkumpul dalam ruang tengah villa tersebut. aku ada di antara mereka sebagai angkatan termuda. Saat itu perut kami sudah kenyang karena sebelumnya sudah makan malam yang cukup gila2an. Oke, kami duduk di ruang tengah itu dan di depan kami ada 4 orang pria, mereka tidak lain adalah angkatan 2003 yang telah lulus dan merupakan sesepuh di himpunan kami. Hanya 2 orang yang aku kenal yaitu Kang Izul (Zulkaida Akbar) karena beliau adalah mantan presiden KM ITB 2007-2008 dan satu lagi adalah Kang Zamzam.

Dalam suasana yang cukup santai tersebut, mereka secara bergantian berbagi cerita kepada kami mengenai pengalaman mereka selama berkarier di kemahasiswaan ITB. Cukup menarik karena mereka boleh dibilang bergerak mulai dari bawah, seperti contohnya menjadi bagian pembuat dan penempel poster di areal kampus. Akhirnya karir mereka naik secara bertahap menuju posisi yang cukup strategis di kemahasiswaan ITB. Apa yang mereka ceritakan sejujurnya ada sebagian yang membuat aku tersadar akan apa kekuranganku selama 7 bulan berkarier di himpunanku.

Malam semakin larut dan akhirnya klimaksnya terjadi saat Kang Zamzam memulai pembicaraanya. Setelah memperkenalkan diri, beliau meminta kepada semua massa di hadapannya untuk berdiri dan kami bangkit dari duduk.

Kang Zamzam : “Nyanyikan lagu Hidup HIMAFI !!!!”

Kamipun menyanyikan lagu kebanggaan kami sambil bertepuk tangan…

Seluruh massa :

” Di dalam keremangan di bawah terik matahari…/ Letih dan lelah yang kurasakan tak membuat hatiku gentar… / S’gala rintangan akan ku hadapi, s’mangat jiwa HIMAFI…/ Hanya ada satu cita di dalam hati HIMAFI kita HIMAFI… / Hidup HIMAFI, hidup HIMAFI, HIMAFI wahana kami…. /Hidup HIMAFI, hidup HIMAFI, HIMAFI wahana kami………”

Kang Zamzam : ” SEMUA DIAMMM……!!!!!”

Baru saja kami mau berhenti mengatupkan tangan, beliau memberi komando tersebut. Suasana mendadak jadi hening.

Kang Zamzam : (sambil menunjuk salah seorang di antara kami ) ” Apakah kamu cinta Indonesia ? ”

Seorang pria 1 : ” Ya!”

Kang Zamzam : (menunjuk seseorang lagi ) ” Kamu cinta ?”

Seorang pria 2 : (dengan tegasnya menjawab) ” Ya, saya cinta Indonesia!”

Suasana saat itu mendadak sedikit menegang, persis saat kita dulu menjalani kaderisasi demi mendapatkan jaket biru kebanggaan kami. Rasanya saat itu benar-benar tidak ada pembeda antara satu angkatan dan angkatan lainnya, entah itu swasta ataupun angkatan baru. Semua seolah bernasib sama, yaitu seperti sedang menjalani kaderisasi untuk ke sekian kalinya.

Setelah beberapa orang beliau beri pertanyaan yang sama, akhirnya beliau menunjuk salah seorang wanita berjilbab yang tak lain adalah angkatanku (2008 tentunya).

Kang Zamzam : (sambil menunjuk ke orang yang dimaksud) ” Kalau kamu cinta Indonesia?”

Seorang wanita : “Ya, saya cinta Indonesia…”

Kang Zamzam : ” Kamu cinta…?”

Seorang wanita : ” Yang saya cinta…”

Kang Zamzam : ” Kamu cinta saya atau tidak……?”

!@!@$#&%^(?><+=)(^())!@!!”:{}{~@!&……………………………………

Mendadak seluruh ruangan begitu riuh dengan tawa dari semua massa yang ada. Suasana yang sebelumnya agak menegangkan, akhirnya cairlah ketegangan itu. Kang Zamzam bilang kalau sandiwara tadi merupakan cara beliau untuk membangkitkan semangat kita lagi untuk mengikuti acara malam itu. Mungkin saja beliau melihat kami sudah loyo bahkan ngantuk apalagi udara di sekitar dingin sekali.

Akhirnya acara berlanjut hingga selesai sesi tersebut. Setelah itu, sebagai penutupan Irfan ketua angkatan 2006 memberikan sedikit wejangan untuk angkatan di bawahnya. Aku begitu tak menyangka bahwa Irfan yang selama ini demen banget ‘geloin’ saya karena say sering ngga ngumpulin laporan praktikum elka semester lalu, ternyata adalah orang penting di angkatan 2006 (walaupun setahu saya dia tidak memegang BP HIMAFI setahun sebelumnya ). Dari wejangan yang dia sampaikan, saya hanya menangkap satu hal : Barangkali inilah sebuah salam perpisahan dari angkatan 2006 yang tak lama lagi lulus satu per satu.

Ya, penggalan cerita di atas merupakan penggalan pengalaman saya saat mengikuti LKO HIMAFI di Lembang tanggal 20 Februari 2010 silam…

Upssss…., lupa.  Ini adalah sebagian dari hasil foto2 rekan seangkatan saya saat di villa tersebut. Maaf, saya ngga ada di foto ini😀

,

  1. Desember… (part #1) « The First

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: