Lubang Buaya Nggak Cuma Di Jakarta lho…

Selama ini kebanyakan dari kita mungkin hanya mengetahui bahwa tempat yang satu ini berada di wilayah Jakarta Timur tepatnya di daerah Pondok Gede. Ya, daerah ini dahulunya merupakan basis PKI sekaligus menjadi tempat pembuangan korban kekejaman G30S/PKI, di dalamnya terdapat sebuah sumur yang merupakan tempat dibuangnya jasad 7 orang perwira militer akibat penyiksaan oleh oknum2 PKI.

pancasilasakti

Lubang buaya yang satunya lagi ada di Dusun Krajan Desa Cemetuk Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur. Di lubang buaya yang satu ini terdapat sebuah monumen yang di depannya berdiri patung burung garuda. Di sebelah kanannya berdiri sebuah dinding yang berukirkan relief yang menceritakan kekejaman PKI.

Lubang-Buaya---dalam

Di tempat inilah terjadi pembantaian 62 anggota Ansor dari Kecamatan Muncar pada tanggal 18 Oktober 1965. Menurut cerita, pada saat itu PKI mengundang para anggota Ansor tersebut untuk mengadakan pengajian bersama dan mereka disambut oleh para anggota Gerwani (Gerakan Wanita Indonesia) yang menyaru sebagai fatayat NU. Para anggota Ansor tersebut tidak mengetahui adanya niat licik dari PKI, ternyata PKI telah meracuni hidangan yang akan mereka suguhkan kepada mereka.  Setelah menyantap hidangan tersebut, akhirnya mereka sekarat dan saat itulah PKI membantai mereka yang sudah tidak berdaya lagi.

Setelah drama pembunuhan yang diskenariokan PKI itu sukses, semua mayat dibuang dan dikubur di dalam tiga lubang yang berbeda. Dua lubang berisi masing-masing 10 mayat dan yang terakhir berisi 42 mayat. Oleh karena itu lubang-lubang tersebut dijuluki ‘lubang buaya’.

3lubang

sumber di sini

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: