Waduk Cirata Sebenarnya Telah Dikenal oleh Anak-anak di Jepang

Masih adakah orang Indonesia khususnya di Pulau Jawa yang tidak mengenal waduk yang satu ini? Waduk yang juga dimanfaatkan sebagai PLTA ini merupakan salah satu dari trio waduk besar (Jatiluhur, Cirata, Saguling) yang dibangun di daerah aliran sungai Citarum tepatnya di perbatasan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Popularitas waduk Cirata memang tidak setenar Jatiluhur yang merupakan bendungan pertama di Indonesia. Namun, jika anda belum mengetahuinya berarti pengetahuan anda masih kalah dengan anak-anak di Jepang.:D
cirata dam_2

bendungan_cirata

Memang awalnya saya agak terkejut setelah membaca sebuah artikel di sini, apalagi sang penulis artikel yang notabene orang Indonesia  baru mengetahui tentang waduk Cirata lewat buku bergambar ini. Saya baru tahu kalau anak-anak di Jepang telah mengenal waduk ini melalui sebuah buku bergambar karangan Kako Satoshi yang berjudul Dam wo tsukutta otosantachi , bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti “Para Ayah Pembuat Waduk”.

cirata3cirata4

Di sampul buku yang diterbitkan pada tanggal 1 Oktober 1988 tertulis “Buku ini dibuat untuk menceritakan kegiatan para ayah yang berasal dari Indonesia, Jepang, Australia, Perancis dan Jerman waktu membuat waduk besar di tempat yang bernama Cirata”. Dalam buku ini diceritakan pembangunan waduk Cirata yang dimulai pada bulan Desember 1983 dan berakhir  September 1988 dengan kekuatan 5000 tenaga kerja (300 di antaranya berasal dari Jepang).

cirata2

cirata1Diceritakan pula tentang diadakannya pertemuan untuk membahas pembuatan waduk besar ini, kemudian pengiriman semua keperluan logistik untuk pembuatan waduk dari luar negeri melalui jalan laut maupun udara dan akhirnya dibawa menuju lokasi proyek. Buku ini setebal 47 halaman ini menggambarkan proses-proses yang ditempuh selama pembuatan waduk hingga pada saat peresmian.

Wew, rupanya sebagai orang Indonesia kita perlu up to date dalam mengetahui perkembangan apapun yang terjadi di negeri tercinta kita ini. Jangan sampai kita yang sejak lahir tinggal di Indonesia kalah informasi dengan mereka yang bukan orang Indonesia.:D

, , , , , , , ,

  1. #1 by Ikkyu_san on September 8, 2009 - 6:07 pm

    bukan hanya informasi tentang dalam negeri sendiri seperti ini yang tidak diketahui orang Indonesia, masih banyak hal lain yang tidak kita ketahui. Kadang kita harus keluar dari hutan kita, terbang dan melihat sendiri dari atas, betapa kayanya hutan yang kita tinggali…. Dan…proses belajar itu berlangsung terus, tidak akan pernah selesai. Sampai mati.

    EM

  2. #2 by Prib on September 16, 2009 - 12:00 pm

    btw ini rasanya pernah gw baca deh… lu ga copas kan gan??

    • #3 by Indra Pratama on September 16, 2009 - 1:13 pm

      ngga copas, tapi ada sumbernya tuh….

  3. #4 by Dodik Iswahyudi on September 23, 2009 - 5:45 pm

    thanks for info.

    ( penghuni Power House PLTA CIRATA )

  4. #5 by asep on September 21, 2010 - 3:31 am

    wihhh.,saya baru tahu walaupun kampung saya dekat dengan waduk cirata.,.,

  5. #6 by nyonk on Desember 31, 2011 - 5:58 am

    mancing mania MAntaBBZZ . White Cirata . ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: