Kya-kya Kembang Jepun Direlokasi????

kya2

Senin, 28/04/2008 15:52 WIB
Bulan Mei, Pedagang Kaki Lima Kya-Kya Bakal Direlokasi
Irawulan – detikSurabaya

Surabaya – Para pedagang kaki lima yang berada di kawasan Kya-kya Jalan Kembang Jepun Surabaya akan direlokasi oleh PD Pasar Surya. Para pedagang ini rencananya direlokasi ke kawasan Pasar Tambahrejo di Kawasan Kapas Kerampung.

Para pedagang ini mulai menempati kawasan Pasar Tambahrejo pada awal Mei 2008. Relokasi dilakukan terkait dengan program Pemkot Surabaya untuk mengembalikan fungsi jalan raya.

“Awal Mei akan kita relokasi. Kita ingin mengembalikan fungsi jalan dan bukan tempat berdagang atau berjualan,” kata Fatma Erawati Malaka, Dirut Pembina Pedagang PD Pasar Surya kepada wartawan di Balai Kota Surabaya Jalan Taman Surya, Senin (28/4/2008).

Kawasan Tambahrejo sendiri kata Fatma akan dijadikan kawasan wisata kuliner di Surabaya. Untuk para PKL ini PD Pasar Surya sudah menganggarkan dana Rp 200 juta. Dana ini digunakan untuk menyediakan rombong atau tempat berjualan dan juga kebutuhan lainnya. Ini dilakukan untuk menghindari stigma dimasyarakat kalau PKL itu jorok atau kurang bersih.

“Kita yang menyediakan tempat untuk mencuci dan berjualan. Kebersihan kita jaga,” ujarnya.

Selain ingin mengembalikan fungsi jalan, Kya-Kya di Kembang Jepun dalam beberapa waktu ini sudah mulai menurun jumlah pembelinya. Selain itu makanan di kawasan itu juga dikenal mahal. “Bidikannya PKL maka harganya lebih murah,” ungkapnya.

Fatma menambahkan, rencana relokasi PKL Kembang Jepun yang berjumlah 25 pedagang ini sudah disetujui oleh walikota. “Pak Walikota mendukung rencana ini karena ingin mengembalikan fungsi jalan,” tandasnya.(bdh/bdh)


sumber : http://surabaya.detik.com/read/2008/04/28/155245/930789/466/bulan-mei-pedagang-kaki-lima-kya-kya-bakal-direlokasi

Hmmm….pantas saja terakhir saya lewat Jalan Kembang Jepun di siang hari sudah ada beberapa dekorasi permanen Kya-Kya yang dibongkar dan cuma menyisakan gapura berbentuk kelenteng di ujung jalan dekat jembatan merah.  Semoga saja di lokasi yang lebih baru, keadaannya akan lebih baik lagi dan makin dicinta oleh para wisatawan kuliner🙂

, , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: