Kupang Lontong Sidoarjo

kupang

Memang popularitas makanan daerah yang satu ini tidak sepopuler rawon, soto, gudeg Jogja, nasi liwet Solo dsb. Namun sangat terkenal di kalangan masyarakat Jawa Timur, khususnya di daerah Sidoarjo dan sekitarnya.

Kupang adalah sejenis kerang laut yang berukuran sangat kecil. Kupang yang digunakan dalam makanan ini berwarna putih kekuning-kuningan yang biasanya disebut kupang beras. Sesuai dengan namanya, ia disajikan dengan potongan2 lontong dan diberi kuah air rebusan kupang. Sebelum disajikan di atas piring digerus gula merah, bawang putih, petis udang, dan cabai (sesuai request konsumen) lalu diberi sedikit perasan jeruk, sedangkan kupangnya direbus dengan daun bawang dan bawang putih.

Menyantap kupang tidak lengkap bila tidak disandingkan dengan sate kerang. Kerang yang disate ini tentunya berukuran lebih besar dibandingkan dengan kupang tersebut. Biasanya pedagang kupang menyediakan sate kerang seporsinya sekitar sepuluh tusuk

sate kerang

sate kerang

Selain sate kerang, ada minuman yang boleh dibilang hampir wajib diminum oleh penyantap kupan: ES DEGAN a.k.a es kelapa muda. Minuman yang satu ini juga dijual oleh pedagang kupang dan konsumen kupang meminumnya sebagai penawar racun yang kemungkinan masih ada di dalam kupang tersebut.

es degan

es degan

Warung-warung kupang biasanya banyak tersebar di jalan2 di kabupaten Sidoarjo, biasanya di jalan yang menuju Malang atau Mojokerto dari arah Surabaya. Untuk mendapatkannya di Sidoarjo terdapat Bursa Kupang Sidoarjo yang terletak di Jalan Raya Waru – Sidoarjo; jika anda berjalan dari arah pusat kota Sidoarjo ke arah Surabaya, letaknya di sebelah kiri jalan setelah fly over tepatnya di daerah Buduran . Bursa kupang ini mirip dengan pusat jajanan, namun semua pedagangnya adalah pedagang kupang. Jika di Surabaya bisa didapatkan di Pantai Ria Kenjeran.

http://www.restodb.com/indonesia/articles/2009/02/16/kupang_lontong_dari_sidoarjo/

http://www.mousiefood.com/berbagi-cerita/47-lontong-kupang-sidoarjo.html

http://jagomakan.blogspot.com/search/label/Sidoarjo

, , , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: