Nama2 Palsu Telah Beredar di Facebook!

Saya sudah sekitar 2 bulan lebih menjadi pengguna Facebook, awalnya saya senang karena peraturannya yang mengharuskan kita memakai nama asli kita. So, segala urusan nge-add sampai searching temen2 lama yang sudah menghilang entah kemana jadi lebih mudah.

Namun akhir2 ini saya banyak melihat orang2 lain bahkan teman2 saya sendiri memakai nama yang tidak semestinya mereka gunakan di Facebook. Ini tentunya bertentangan dengan peraturan di Facebook saat kita pertama menjadi member seperti…

Registration Data; Account Security

In consideration of your use of the Site, you agree to

(a) provide accurate, current and complete information about you as may be prompted by any registration forms on the Site (“Registration Data”);

(b) maintain the security of your password and identification;

(c) maintain and promptly update the Registration Data, and any other information you provide to Company, to keep it accurate, current and complete; and

(d) be fully responsible for all use of your account and for any actions that take place using your account.

Dari peraturan tersebut telah dijelaskan bahwa setiap user Facebook harus bertanggung jawab atas account yang dimiliki, termasuk di dalamnya harus menjamin bahwa semua info tentang dirinya yang ingin dipublikasikan adalah keadaan yang sebenarnya. Mengenai nama, ia harus menggunakan nama aslinya bukan nama panggilan, nama samaran, apalagi nama selebriti!

Pertama kali melihat saya sedikit kaget kenapa ada yang berani2nya memakai nama yang bukan sebenarnya. Apakah dalam benak mereka sempat terpikir betapa sulitnya teman2 lama mereka menemukan mereka melalui fasilitas facebook search ? Tidak masalah kalau mereka tahu semua itu, namun bagaimana jika mereka tidak tahu nama versi palsu dari teman mereka karena sudah saking lamanya tidak bersua di dunia nyata.

Sempat terpikir dalam benak saya, apakah akhirnya facebook bernasib sama seperti friendster yang selalu dijejali dengan nama2 palsu yang cenderung mengagung-agungkan diri mereka (contoh : pRinceSs cuTez, sHa luccU, tIkka cAntieqq, etc) atau bahkan mendistorsikan ejaannya (contoh: namanya Talitra diubah menjadi Talz, Niken dibikin jadi Qens, dll). Terus terang saya sebagai bagian dari user facebook kurang berkenan dengan ulah2 mereka yang notabene “imigran” dari friendster. Okelah masih saya maklumi bila di friendster mereka berbuat seperti itu karena memang di sana nggak ada aturan yang mengatur hal seperti ini, namun sadarlah bahwa ini facebook bukan FS dan di sini sudah ada aturannya demi kenyamanan kita semua.

Inilah akibatnya bila anda tidak mengikuti rules seperti di atas:

  • Teman lama anda akan mengalami kesulitan dalam mencari anda di facebook, padahal anda pasti mengharapkan teman lama yang berada jauh di sana untuk menemukan anda melalui facebook. Ingatlah bahwa tidak semua teman yang anda kenal di dunia nyata mengetahui nama samaran anda!
  • Ada beberapa orang yang akan menganggap anda bagian dari komunitas alay! Mohon jangan tersinggung tapi ini fakta dan tentunya anda termasuk saya tidak ingin dianggap seperti itu.

Jika anda ingin menggunakan nama panggilan alangkah baiknya jika anda mengikuti saran saya yaitu dikombinasikan dengan nama asli tetapi nama panggilan harus diapit tanda kutip. Sebagai contoh nama saya adalah Indra Pratama dan teman2 saya biasa memanggil ‘ndaw’. Maka, jika saya menggunakan cara demikian tampilannya adalah : Indra ‘ndaw’ Pratama . Dengan demikian, user search pada facebook masih dapat mencari nama asli dari sang empunya profil.

Apabila nama asli anda sangat panjang ( apalagi anda adalah keluarga besar keraton dengan gelar yang sangat panjang) gunakanlah kalimat dalam nama anda yang paling umum diketahui oleh orang lain. Anda boleh juga memutarbalikkan antara first name dengan last name anda seperti dalam tata penulisan bibiliografi selama itu tetap nama asli anda.

At least, saya tidak bermaksud untuk terlalu menyinggung pihak2 tertentu melalui tulisan ini, namun saya hanya mengingatkannya pada anda semua yang merasa pengguna facebook. Semua terserah anda karena saya tidak memaksa dan saya hanya menyarankan agar kita tetap nyaman dalam ber-facebook ria.

PERTAMAX!!!

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

